Jumat, 28 Oktober 2016

Pola Asuh Anak


Well ketika kita melihat tingkah polah anak-anak jaman sekarang banyak orangtua yang kadang bingung menghadapinya.

Kebingungan muncul manakala jika anak kita dibandingkan dengan saat kita masih anak anak. Ya ada yang merasa dulu waktu kecil sang orang tua merasa sebagai anak pendiam tapi anak-anaknya justru sangat aktif ceriwis dan sebagainya. Ada pula yang heran anak sekarang bandel nya minta ampun, suka ngeles, banyak tanya dan susah diatur.



Pernah suatu ketika aku iseng tanya sama guru sd yg sudah senior. Ternyata memang benar polah atau kepribadian anak jaman anak kita berbeda jauh dengan sewaktu kita masih seusianya. Meski dulu juga ada yg bandel tapi lain dengan sekarang. Menurut guru senior, ada juga yg unik, anak sekarang jauh lebih kritis dan pede dibanding dengan era angkatan 80 atau 90 an. Anak sekarang juga lebih terspesialisasi dibanding dulu yang lebih generalis.

Pertanyaannya apakah ini cukup merisaukan?
Jawabannya belum tentu, dengan syarat si anak harus mendapat bimbingan baik dari orangtua maupun lingkungannya.

Lalu apakah ini akibat lingkungan jaman sekarang? Bisa iya bisa tidak. Sang guru senior menyimpulkan bahwa anak generasi sekarang memang disiapkan untuk menghadapi tantangan hidup di jaman ketika dia dewasa. Kabar baiknya bila mereka mendapat pendidikan di lingkungan yang baik terutama dari keluarga dalam hal ini orangtua nya maka mereka akan menjadi manusia yang tangguh. Kabar buruknya para orang tua sekarang terlalu sibuk dengan pekerjaan atau karirnya sehingga si anak kurang mendapat perhatian yg cukup. Adapun sekarang banyak lembaga pendidikan mulai dari usia dini, itu hanya membantu saja orang tua dan keluarga tetaplah harus yang utama.

Disinilah celah kritis nya anak sekarang terlalu banyak mendapat informasi dari media terutama tv dan internet. Apalagi orangtua tidak bisa mengawasi setiap hari kegiatan anaknya.
Saran dari sang guru senior adalah agar orangtua sekarang lebih peduli terhadap perkembangan kepribadian anak karena itu jauh lebih penting hanya daripada sekedar melihat nilai2 raport. Percuma saja memiliki nilai gemilang namun kepribadiannya (akhlak) rapuh. Karena kelak ketika dewasa yg memiliki kepribadian kuat lah yg akan mampu menjawab tantangan jaman.

Salam Sedulur
Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar