Rabu, 14 Mei 2014

Memulai Jadi Pengusaha



M: "Gimana caranya mulai jadi pengusaha umur sudah tidak lagi muda kebutuhan sudah makin banyak, modal gak punya, mau utang takut gak bisa mbayarnya...."

G: "jadilah seseorang profesional..."

M: "seperti apa itu profesional?"



G: "profesional diantaranya kinerja dengan hasil memuaskan, tepat waktu, bisa diandalkan, jaminan mutu, target tercapai, sesuai rencana...intinya pekerjakan yang dilakukan beres semua...."

M: "Ah keanakan perusahaannya dong padahal nggaji saya kecil kok minta beres semua?"

G: "Beruntung masih digaji....saat nanti jadi pengusaha nggak ada yang gaji anda... kalo belum bisa bekerja dg profesional jangan berharap berhasil menjadi pengusaha... ibaratnya untuk diri sendiri saja belum bisa berlaku profesional apa lagi mengharapkan orang lain bekerja profesional untuk anda...meski punya banyak modal kalo sebuah usaha gak dikelola secara profesional ya percuma saja..."

M: "Aku masih belum paham apa hubungannya sikap profesional dengan keberhasilan menjadi seorang pengusaha?"

G: "Saat menjadi pegawai/karyawan/buruh bila kita melakukan sebuah kesalahan, ini contoh kecil saja: misal suatu ketika kita datang terlambat ke kantor paling apesnya dapet teguran dari atasan/SP/potongan gaji...tapi kan tetap dapet gaji walau kepotong, coba kalau anda jadi pengusaha sekali terlambat klien tidak akan percaya dan apesnya batal transaksi dan lebih buruk lagi anda tidak direkomendasikan ke yang lainya dan anda tidak dapat pendapatan apapun! artinya anda telah membuang kesempatan!"

M: "trus bila kita merasa sudah bersikap dan berkinerja profesional dan cukup berprestasi selama ini apakah kita akan keluar dari perusahaan itu?"

G: "ya terserah apakah perusahaan tersebut menghargai kinerja dan prestasi anda selama ini? kalau ya kenapa anda keluar? sudah pernahkah anda diskusikan dg atasan anda?"

M: "kalau hasilnya buntu?"

G: "seorang profesional handal pasti tidak akan kesulitan menemukan tempat yg lebih baik...atau kenapa tidak anda mencoba memulai usaha sendiri sesuai bidang keahlian anda atau memulai usaha bersama dengan jaringan yang anda miliki?.... tidak ada alasan keraguan untuk memulai hal baru bila anda merasa cukup yakin bahwa anda seorang profesional yang mumpuni..."

M: "hhmmmm....sebetulnya saya cukup yakin dengan kinerja saya selama ini... dan perusahan selama ini puas dengan kinerja saya...sayang karir saya sepertinya mentok sehingga pendapatan saya segitu gitu aja...kira-kira kapan waktu yang tepat saya harus memulainya ya?"

G: " .... kalau benar demikian yang anda katakan....waktu yang tepat untuk memulai seharusnya dari kemarin... atau kalau tidak segera anda putuskan untuk memulainya anda akan semikn jauh terlambat... dan menyesal!"




Salam Sedulur

Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar