Selasa, 28 Oktober 2014

5 Hal sederhana menunjukan suatu masyarakat memiliki peradaban tinggi.



Ada banyak cara untuk mengetahui atau mengukur tingkat peradaban suatu masyarakat. Berikut ada 5 hal sederhana menunjukan suatu masyarakat memiliki peradaban tinggi.

1. Menjaga Kebersihanan
Bayangkan bila tubuh kita bersih, lingkungan kita bersih, sarana umum bersih, kantor bersih, cari duit juga yang bersih.. sungguh alangkah indahnya hidup ini. Di kita suka aneh, lebih suka buang sampah di selokan/kali...udah gitu coba aja liat di tong sampahnya kosong tapi disekitarnya banyak sampah bertebaran...tutupnya hilang pula. hmmm

2. Tepat Waktu
Andai semuanya dikerjakan tepat waktu, dari mulai ibadah sampai bayar hutang tepat waktu, bisa dibayangkan luar biasa produktifnya hidup ini. Kalo semuanya serba molor kaya kolor bakal ribet deh hidup lo...dirumah gak tenang bakal ditagih deb colector lah, dikantor sering waswas gara2 kerjaan gak kelar2..
3. Taat Aturan dan Hukum
Kita manusia makhluk sosial, tanpa aturan dan hukum yang ditegakkan, bagai segerombolan serigala yang siap memangsa serigala yang lain.. kalo gak mau diatur nyemplung kelaut aja noh cumi...
4. Menghargai Proses
Makan mie instant pun butuh proses, harus direbus/diseduh dengan air panas, pake telor, kasi onclang, kecap n sambel wah nikmat yah kira-kira 5-10 menit lah.., kalo proses itu masih mau dilanggar makan aja mentah-mentah sekalian bungkusnya...kira-kira gimana rasanya?
5. Sabar (Mampu Mengendalikan Diri)
Manusia kuat bukanlah tokoh super hero seperti superman dkk... tapi manusia yang mampu mengendalikan hawanafsunya... mau ujian, sabar untuk belajar, jangan suka ngadalin bocoran yg sering gak valid; jalanan macet ya yang sabar, ingat dulu kenapa beli mobil? kan sudah tau jalananya sering macet; ngatri juga harus sabar jangan main slonong aja, udah gitu ngupat2 di path; nah...dibuly di sosmed juga sabar (makanya jangan asal njeplak)...sambil nulis status baru..."sakitnya tu di sini..."

Salam Sedulur
Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar