Rabu, 01 Januari 2014

Memilih Pemimpin yang Baik.

Tips dari sahabat: Memilih pemimpin yang baik.

Tahun 2014 adalah momen yang sangat krusial bagi Indonesia karena di tahun ini akan berlangsung pemilu baik legislatif maupun presiden. Jangan sampai salah memilih atau tertipu oleh janji kampanye.

Ada beberapa cara agar sahabat tidak sampai keliru atau tertipu janji kampanye:


1. Mengenali figur si calon secara personal
Cara ini agak sulit kecuali anda pernah berkesempatan berinteraksi langsung secara personal dengan yang bersangkutan.

2. Melihat referensi dari berbagai media
Cara ini mudah tapi sangat rawan, harus jeli memilih media yang menjadi rujukan karena sekarang banyak media (cetak/elektronik) yang berubah menjadi mesin politik.

3. Menelusuri kinerja dan track record
Cara yang lebih kompleks dan sulit namun ada hal sederhana yang bisa amati yaitu melihat perubahan apa saja yang dirasakan sebagai warga saat si calon sedang memimpin suatu daerah atau institusi sebelumnya.

4. Melihat pemikiran dan karyanya
Cara ini cukup baik untuk mengetahui visi dan pemikiran si calon cara termudah adalah dengan membaca tulisan-tulisannya yang pernah dibuatnya baik berupa buku, tulisan yang pernah dimuat di media umum, kajian ilmiah, atau pun karya nyata lainnya misal aktif  di lembaga sosial, pendidikan, kemanusian dsb.

5. Melihat keseharian dan gaya hidup si calon
Cara termudah namun berkualitas. Pemimpin yang baik pasti memikirkan nasib orang banyak di banding dirinya sendiri. Tentu saja tercermin dalam gaya hidupnya, orang yang hidup sederhana logikanya memiliki ego yang rendah dibanding dengan orang yang hidup mewah yang cenderung menuntut lebih atas dirinya.    
Berikut contoh pemimpin sederhana

Salam Sedulur
Salam Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar